1. (FLAG)

Anak FLAG (Factual, Lively, Agresive, Group) adalah anak yang mempunyai kepribadian yang dominant factual (berpikiran logis), hidup, agresif (bertindak aktif), berorientasi pada kelompok. Sifat-sifat tersebut dapat membantu anak dalam bernegosiasi dan berkecimpung ke berbagai kegiatan-kegiatan, dimana orang lain perlu yakin untuk mengikutinya. Mereka dengan sifat ini merupakan pribadi  yang aktif, sibuk dalam banyak tugas dengan banyak jaringan kontak. Selain itu  mereka juga mempunyai banyak ide-ide, yakin diri, praktis, dan memiliki ketrampilan interpersonal. Sehingga orang lain senang memberikan tanggung jawab dan melihat pribadi tersebut sebagai pemimpin.

KARIR :        – Eksekutif periklanan      – Sekertaris       – Pubic Relation

– Agen estate                     – Negosiator       – Pelatih olahraga

– Direktur perusahaan       – Politikus

  1. (FLAI)

Anak FLAI (Factual, Lively, Agresive, Independent) adalah anak yang mempunyai kepribadian yang menggembirakan dan enerjik. Anak dengan kepribadian ini dapat merintis peluang dan juga menerapkannya secara selektif agar peluang-peluang menjadi jalan bagi usaha yang telah dirintis. Suatu hal yang mustahil bagi anak ini untuk mundur hanya dikarenakan hal-hal remeh yang menghalangi keinginannya. Tak dapat terhitung karir yang terbuka bagi anak yang berkepribadian FLAI.

KARIR :     – Agen (impor/ekspor)    – pengusaha                   – Penerbit

– Direktur                       – Manajer perusahaan   – Wirausaha

– Developer property

  1. (FLPG)

Anak FLPG (Factual, Lively, Pasive, Group) adalah anak yang mempunyai kepribadian dengan jiwa yang hidup, pasif dan berorientasi pada kelompok. Disisi lain, anak dengan kepribadian ini adalah anak yang realistis, praktis, berkualitas stabil yang dirinya lebih tegar dan dapat diharapkan. Meraka bisa untuk diajak kompromi dan bisa menyesuaikan diri.  Selain itu tahu apa yang akan dilakukan kalau terjadi krisis, dan tetap tenang sementara yang lain kebingungan. Karakter seperti ini sangat banyak diminta oleh berbagai organisasi dan perusahaan. Sehingga dengan adanya hal tersebut membuat kepribadian ini mempunyai banyak peluang dalam bidang kerja.

 

KARIR :       – Pramugari          – Konselor                           – Pemipin kelompok

– Sekretaris         – Konsultan manajemen

  1. FCAG

Anak FCAG (Factual, Calm, Agresive, Group) adalah anak yang mempunyai kepribadian menarik yang membuat orang lain menurut. Minat utama dari pribadi ini adalah memimpin orang-orang dalam organisasi.  Dimana keberhasilan organisasi itu tergantung pada kerjasama di bawah kepemimipinan pribadi FCAG.

KARIR :       – Komandan militer               – Tokoh masyarakat

– Manajer Bank                     – Manajer hotel

 

  1. (SLAG)

Anak SLAG (Sensitive, Lively, Agresive, Group) adalah anak yang mempunyai kepribadian yang sensitive, berorientasi kelompok, cenderung memikirkan banyak orang, dan penuh dengan gagasan-gagasan. Apabila anak dengan kepribadian ini dapat meletakkkan kualitas-kualitas yang dimiliki dengan kemampuan interpersonal maka akan tampil orang lain yang akan membela dirinya. Salah satu kekurangan anak SLAG adalah merupakan pribadi yang suka mendesak mendesak dan emosional.

 

KARIR :       – Public Relations                      – Guru

– Wartawan                              – Public Speaker

  1. (FLPI)

Anak FLPI (Factual, Lively, Agresive, Pasive, Independent) adalah anak yang mempunyai kepribadian yang hidup dan bebas tidak terikat. Oleh karena itu anak dengan kepribadian ini bisa bekerja dengan cara dan langkah yang ditetapkan dirinya sendiri. Selain itu anak FLPI memiliki hubungan yang didasarkan pada saling menghargai sehingga tidak keberatan bila harus berbagi dengan orang lain. Kamu puas dengan ketrampilan yang kamu miliki.

 

KARIR :       – Konsultan Akunting    – Penerjemah    – Dokter bedah

– Desainer                     – Pelukis           – Konsultan Gizi

  1. FCPG

    Anak FCPG (Factual, Calm, Pasive, Group) adalah anak yang mempunyai kepribadian tidak suka mengusik tapi selalu ingin bersama dengan orang banyak. Selalu mengikuti prosedur yang berlaku dalam segala hal, karena anak FCPG akan merasa puas bila ada aturan dan perencanaan jika hendak melakukan suatu hal. Mereka bukanlah anak yang suka dengan perubahan karena itu bukanlah gaya mereka. Kecuali, semua resiko dari perubahan tersebut telah dilalui oleh orang lain.

 

KARIR :       – Perawat               – Anggota ABRI         – Kasir/Bagian keuangan

                    – Sekretaris           – Polisi

  1. SCAG

Anak SCAG (Sensitive, Calm, Agresive, Group) adalah anak yang mempunyai kepribadian yang sensitive, tenang, aktif, dan berorientasi kelompok. Mereka cepat memahami gagasan orang lain dan alternative solusi permasalahan. Konsisten dan yakin terhadap pemikiran yang dimiliki dirinya. Hal ini membuat anak SCAG memiliki ketrampilan dan pengalaman untuk ditawarkan, dan bisa jadi pakar dalam satu bidang.

 

KARIR :       – Guru                      – Trainer               – Pekerja sosial

– Psikolog                 – Dokter                 – Ahli rehab medis

  1. SLAI

    Anak SLAI (Sensitive, Lively, Agresive, Independent) adalah anak yang mempunyai kepribadian  lebih sensitive sehingga dalam menghadapi masalah-masalah emosional dan abstrak mereka cenderung penuh perasaan. Akan tetapi anak dengan kepribadian ini memiliki sikap aktif, dan cenderung tidak mau terikat (independent). Sehingga mereka akan bekerja sendiri ketika merasa bosan dengan kelompok. Selain itu bagi anak SLAI gagasan dan ekspresi merupakan suatu hal yang sangat penting. Mereka selalu memiliki beberapa gagasan yang unik, dan suka mengerjakan pekerjaan dengan caranya sendiri.

KARIR :       – Arsitek    – Penulis buku     – desain interior    – Pemahat

– Artis        – Penari              – musikus

  1. FCAI

Anak FCAI (Factual, Calm, Active, Independent) adalah anak yang lebih kepribadian cenderung tenang tetapi terkadang suka memaksa dan hidup dalam kebebasan. Dalam menyelesaikan masalah anak dengan kepribadian ini lebih mengandalkan fakta dan data sehingga dapat menyelesaikannya dengan tenang dan logis. Hanya saja mereka cenderung menyimpan gagasan dan informasi untuk dirinya sendiri. Anak FCAI sangat menyukai tukar argumentasi tetapi hanya untuk memperlihatkan ketajaman otak mereka. Tanpa ada subyektifitas.

Selain kepribadian di atas ada pula kelebihan yang lain dari anak FCAI yaitu penuh percaya diri. Sehingga orang lain lebih memerlukan mereka untuk menyelesaikan masalah – masalah yang di hadapi, tetapi dalam hubungan bisnis. Gaya menyelidiki dan menyendiri cocok untuk karir yang memerlukan kebenaran dan obyektif.

KARIR :       – Ahli hukum     – Penasehat hokum        – Inspektur kepolisian

  1. SLIG

Anak SLIG (Sensitive, Lively, Independent, Group) adalah anak yang memiliki kepribadian lebih sensitive  dan kreatif sehingga memerlukan lingkungan yang ideal untuk melakukan suatu pekerjaan. Selain itu memiliki kepribadian yang pasif tetapi memiliki orientasi pada kelompok. Orang lain melihat kepribadian SLIG sebagai sosok yang menarik, responsive dan ingin selalu bersama mereka. Sehingga mereka tidak pernah kekurangan teman karena mereka juga merupakan pribadi yang menyenangkan bagi teman-temannya.. Atribut utama yang dimiliki oleh anak dengan kepribadian ini adalah KEMAUAN UNTUK MENCOBA sesuatu yang baru. Tidak menyukai pekerjaan kantor yang tidak memiliki banyak tantangan.

Selain kepribadian di atas ada pula kelebihan yang lain dari anak SLIG yaitu merupakan pribadi yang serius, sangat antusias dalam menjalani hidup dan ekspresif. Memiliki modal genius dengan situasi yang rutin dan dapat diprediksikan. Tetapi ada satu kelemahan dari pribadi SLIG yaitu kurang tegas, sehingga argument yang dimiliki mudah dipatahkan dengan argument orang lain.

KARIR :       – Custamer care            – Perancang pakaian      – Teller

– Perawat                      – Koki (ahli masak)

  1. FCPI

Anak FCPI (Factual, Calm, Passive, Indepent) adalah anak yang memiliki kepribadian cerdas, dengan pemikiran yang tajam, tidak tergoda dengan hal – hal yang mewah dan tidak relefan. Mereka mampu memecahkan persoalan dengan baik, berpikiran teknis karena melihat isu-isu secara logis. Suka melihat hubungan informasi yang berbeda – beda  dan menganalisanya. Mudah menyesuaikan diri dengan orang lain tetapi tidak ingin terlibat jauh.

Kehidupan anak dengan pribadi ini lebih teratur baik, dan banyak hal yang mereka dapat dari kehidupan tersebut. Selain itu mereka sering dilukiskan sebagai orang yang efesien. Tidak banyak melakukan kesalahan sehingga tidak menyusahkan orang lain dan mandiri.

Sisi khas lain yang dimiliki anak FCPI adalah terorganisir, obyektif, memiliki kecenderungan untuk memimpin.

KARIR:        – Konsultan akuntansi    – ilmuwan          – Ahli teknik

– Analis system             – Auditor          – Pengemudi (pilot)

  1. SLPI

Anak SLPI (Sensitive, Lively, Passive, Independent) adalah anak dengan kepribadian yang menghindari kontak yang erat dan lama dengan orang lain, selain itu tidak menyukai ketergantungan. Pembawaan dari pribadi ini lebih sering gelisah dalam jangka waktu yang panjang. Tidak teliti dan mudah untuk berubah. Mereka selalu bisa menemukan diri mereka sendiri dari sudut apapun pada waktu mereka bersama dengan orang lain dan dengan kegiatan-kegiatan yang berbeda. Anak dengan kepribadian SLPI senang bergurau dalam pergaulan, dalam menghadapi masalah-masalah ringan, dan apabila dalam kondisi yang serius, pribadi ini dapat menjadi penghibur orisinil.

Umumnya pekerjaan yang mereka lakukan tergantung kepada keberuntungan dan peluang  dari pada tujuan-tujuan yang telah ditentukan.

KARIR :       – Yang berhubungan dengan ketrampilan, pelayanan dan menghibur

  1. SCPG

Anak SCPG (Sensitive, Calm, Passive, Group) adalah anak dengan kepribadian yang sensitive, tetapi lebih tenang, pasif dan beroreientasi pada kelompok. Mereka sebenarnya memiliki pandangan dan ketrampilan yang sangat efektif untuk membantu kesempurnaan orang lain. Selain itu mereka mudah untuk menyesuaikan diri dan merasa tidak ada satupun yang mengancam mereka. Orang-orang sangat menyukai anak dengan pribadi ini karena mereka menyadari bahwa anak ini menyukai mereka dan siap menjaga mereka. Selain itu orang-orang juga percaya pada pribadi ini dan merasa simpati atas ketrampilannya dalam menasehati mereka.

Anak SCPG sebenarnya demokratis dan memiliki peran. Mereka merasa senang ketika dihargai dan dihormati, dan mereka akan geram bila dimanfaatkan. Mereka memiliki motifasi batin yang kuat  yang membuatnya tahan bila sedang menghadapi cobaan.

Anak SCPG akan menemukan karir yang memerlukan pandangan, aplikasi dan ketrampilan interpersonal.

KARIR :       – Konselor         – Psikolog          – Guru               – Perawat

  1. SCPI

Anak SCPI (Sensitive, Calm, Passive, Independent) adalah anak dengan pribadi agak sensitive, tenang, pasif dan independent. Mereka memiliki minat untuk bekerja sendiri dan juga memiliki kemampuan untuk itu, karena mereka tidak memerlukan kontak dengan orang lain. Anak SCPI memiliki kesenangan membaca atau melakukan minat- minat lain untuk diri mereka sendiri.

Anak SCPI dicirikan oleh kecerdasan, pemikiran dan bahkan mungkin budi bahasa yang kurang bersahabat, mereka memilih untuk mengasingkan diri, rasa malu adalah sifat pertahanan diri dan hasrat mereka untuk tetap sendiri, yang bisa disalah artikan sebagai sifat permusuhan. Mereka adalah orang yang setia, memiliki pandangan jauh, tertarik pada banyak hal, berpikir waspada. Mereka juga memiliki opini dan lambat untuk berubah.

Anak SCPI akan banyak menghadapi pekerjaan yang membuat mereka terisolasi dan memiliki kebebasan yang mereka suka. Sebaiknya mereka memiliki karir sendiri yang akan mereka terapkan sendiri. Oleh karena itu anak SCPI lebih baik bekerja sebagai majikan, selain itu mereka juga memiliki bakat dalam bidang jual beli.

    16.  SCAI

Anak SCAI (Sensitive, Calm, Agresive, Independent) adalah anak yang kepribadiannya cenderung tenang dalam hal cara berfikir dan mengolah perasaannya. Mereka  mudah terpesona dengan gagasan atau argumentasi orang lain, tetapi lebih memilih tinggal secara terpisah ketimbang terlibat secara personal. Seni lebih memikat bagi anak SCAI jika dibanding dengan subyek-subyek teknis, tapi kesiapannya di bidang seni sangat kurang  dibanding dengan komentator atau kritikus. Mereka memiliki titik pandang tersendiri, berfilosofi lentur dan lebih suka berbuat atau menguji teori yang dikuasainya dengan suatu tindakan nyata. Mereka memiliki bakat memilih waktu yang tepat agar orang lain menerima inisiatifnya.

Satu kerugian atau kekurangannya adalah: anak  SCAI  sangat teoritis dan ini mempengaruhi hubungan atau pekerjaannya sendiri. Mereka memiliki kemampuan untuk menemukan jalan keluar dalam mengindikasikan bagaimana sesuatu bisa terjadi dalam keadaan ideal.

KARIR :        – Analis                           – Wartawan              – Konsultan bisnis/SDM

– Pelatih                          – Penasehat               – Saintis social